KISP Sulsel Sosialisasikan Lomba Gapura Asean Games XVIII


Administrator | 13 Juli 2018 | Bagikan

MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (KISP)  

melaksanakan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung penyelenggaraan Asean Games XVIII 2018.

Caranya, dengan berpartisipasi dalam menyosialisasikan Lomba Gapura Asian Games yang mengangkat tema "Energy of Asia" ke berbagai daerah di Indonesia termasuk di Sulawesi-Selatan. 

Menurut Kepala Dinas KISP Sulsel, Andi Hasdullah, berdasarkan instruksi presiden, Asean Games harus digelorakan dan disemarakkan karena kapasitas Indonesia sebagai tuan rumah. 

Salah satu bentuknya, dilaksanakan lomba gapura yang dikaitkan dengan Peringatan HUT ke-73. Lomba ini digelar atas kerjasama Kominfo RI dengan panitia Asian Games (INASGOC).

"Kan biasanya dalam menyemarakkan HUT RI, setiap desa, kelurahan, hingga RW sering buat gapura. Nah, menggunakan momen ini, kami mengajak masyarakat untuk membuat gapura dilengkapi atribut yang bernuansa Asian Games. Nanti akan dinilai dan ditentukan juaranya, " ungkap Andi Hasdullah, Kamis (12/7).

Dia melanjutkan, informasi terkait lomba ini sudah disampaikan ke seluruh pemerintah kabupaten/kota. Diharapkan, penyampaian ini diteruskan kepada masyarakat luas agar bisa berpartisipasi.

Tahapan lomba dimulai dari tingkat kabupaten/kota lalu ke provinsi dan berakhir di Kompetisi Nasional. Sementara ketentuan lomba dapat diunduh melalu atau membuka laman website www.dukungbersama.id.

"Jadi materi hingga ketentuan lomba bisa diunduh melalui website diatas," ujarnya. 

Juara I Lomba Gapura ini nantinya akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp25.000.000, Juara II Rp 15.000.000,  Juara Ill Rp10.000.000 dan 25 Tim pemenang hiburan akan mendapatkan masing-masing uang tunai.

Menurut Andi Hasdullah, tujuan lomba ini

untuk menggelorakan Asean Games. 

Selain itu,  rencananya juga akan digelar pesta rakyat yang dirangkaikan dengan car free day. Lokasinya di Pantai Losari pada tanggal 22 Juli. 

Kegiatan tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba seperti modern dance, lomba foto dan menampilkan berbagai hasil produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Tapi saat ini sementara kita rapatkan, " pungkas Hasdullah. (*)