Kadis KISP Sulsel Sosialisasi Keterbukaan Informasi di Pengukuhan PPID Luwu


Administrator | 25 Juni 2018 | Bagikan

MAKASSAR - Wakil Bupati Luwu, Amru Saher mengukuhkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Luwu, di Ruang Pola Kantor Bupati Luwu, Senin (25/6/2018).

Pengukuhan itu disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo SP) Provinsi Sulsel, Andi Hasdullah, serta komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Sulsel A Kadir Fatwa, serta diikuti para organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah/kepala desa.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Provinsi Sulsel, Andi Hasdullah, selain menyaksikan pengukuhan juga hadir untuk memberikan materi sekaligus melakukan sosialisasi terkait pentingnya PPID dan keterbukaan informasi di era sekarang. 

Menurut Andi Hasdullah, pengukuhan PPID merupakan bagian yang penting dalam rangka melaksanakan tugas keterbukaan informasi publik. 

"Pejabat yang dilantik di PPID inilah nanti yang memberikan layanan terhadap permohonan informasi. Satu tahapan penting sudah dilaksanakan di Kabupaten Luwu," ungkapnya. 

Terkait sosialisasi dan pembekalan yang dilaksanakan, Andi Hasdullah menegaskan, sesuai tuntutan regulasi UU No. 14 Tahun 2008, informasi merupakan hak publik. 

Dia menekanan, kewajiban badan publik untuk menyebarluaskan informasi. 

"Tuntutan regulasi tidak bisa dihindari lagi. Terkait tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang good governance dan clear and clean serta keterbukaan informasi dan transparansi dari publik," jelas Andi Hasdullah. 

Hingga saat ini, hampir seluruh kabupaten/kota telah memiliki PPID. Di Kabupaten Luwu sendiri, sebenarnya sudah terbentu, tinggal penguatan saja. 

Pihaknya tidak akan terus berhenti melakukan pengawasan serta sosialisasi pentingnya keterbukaan informasi serta PPID di kabupaten/kota.